Home » , , , , » Cara Mudah Meningkatkan Penjualan

Cara Mudah Meningkatkan Penjualan

Penjualan Meningkat

Mungkin bagi agan n sista yang sudah mempunyai usaha dibidang penjualan sering mengalamai masalah seperti; hasil penjualan mengalami penurunan, penjualan agen-agen kita pun menurun. So, Bagaimana agar penjualan kita kembali meningkat? Bagaimana meyakinkan agen-agen kita agar mau menjualkan kembali produk kita? Apa saja tips dan trik untuk meningkatkan penjualan? Berikut adalah cara mudah meningkatkan penjualan inspirasi okezone.com yang bisa kita lakukan.

1. Jangan lelah mempromosikan barang kita
Promosi diperlukan agar konsumen selalu ingat dengan produk yang kita jual, dan pastikan promosi tersebut menyasar tepat kepada pangsa pasar yang kita tuju sehingga tidak membuang biaya dan tenaga. Berikut ada beberapa tips promosi yang efektif
Memilih gambar dan kata yang menarik
Dalam berpromosi harus diperhatikan pemilihan kata maupun gambar yang dipakai, pastinya yang kita pakai adalah kalimat atau gambar yang menimbulkan rasa keingintahuan dari orang yang melihat ataupun membacanya untuk membeli produk kita. Bentuk-bentuk promosi yang bisa kita lakukan adalah seperti beriklan di surat kabar atau radio lokal, atau memanfaatkan jejaring sosial yang makin marak seperti facebook serta twitter.
Memanfaatkan jejaring sosial untuk promosi
Dibandingkan memasang iklan di media lain, keuntungan bila beriklan di jejaring sosial adalah kita bisa menekan ongkos promosi secara signifikan. Bila menurut kita calon konsumen tipikalnya bukanlah para pemakai sosial media, Kita bisa berpromosi juga dengan jalan secara berkala mengirim sms ke banyak orang secara sekaligus, berisi promosi produk Anda. Mampir dimari gan untuk tips promosi di jejaring sosial.
Menyeponsori acara
Cara promosi yang lainnya adalah dengan mensponsori suatu acara atau kegiatan dimana pengunjung acara tersebut memang orang-orang yang kita bidik sebagai konsumen. Kepada pengunjung acara tersebut, kita bisa membagikan produk kita sebagai tester. Atau sebagai sponsor acara tersebut kita akan memberikan hadiah kepada pengunjung yang mendapat doorprize, yaitu berupa produk yang kita jual.
Menempel stiker di angkutan umumBahkan sekadar menempel stiker berupa informasi tentang produk kita di pintu atau kaca belakang angkutan umum pun juga bisa menjadi sarana promosi yang efektif karena target pasar kita adalah kalangan ekonomi menengah ke bawah.
Memberi Hadiah untuk konsumen
Cara lain dalam berpromosi adalah dengan membuat sebuah penawaran yang fenomenal bagi konsumen Anda. Semisal bila membeli konsumen beli produk sejumlah sekian banyak, maka mereka bisa mendapatkan suatu hadiah langsung seperti voucher belanja ataupun berupa barang lain.
Atau bila membeli dalam jumlah yang lebih banyak lagi, maka konsumen akan mendapatkan kupon undian berhadiah sepeda motor misalnya. Bahkan promosinya bisa dibuat lebih nendang lagi semisal kita bisa memberikan limit waktunya. Semisal "beli produk x minimal sebanyak y buah, maka akan mendapat kupon undian berhadiah sebuah sepeda motor, berlaku hanya dari 1 Februari sampai 31 Maret 2013".
Pokoknya dibuat semenarik dan sefantastis mungkin, sehingga mungkin justru konsumen akan membeli produk kita bukan karena produknya, tetapi karena ingin mendapat hadiahnya. Tapi jangan lupa juga untuk berhitung dengan cermat, karena jangan sampai ingin memberikan hadiah yang fantastis, penjualan bisa naik, tapi ternyata labanya tekor karena salah hitung.
2. Memberi bonus atau komisi tambahan untuk tenaga penjual kita
Bagi para tenaga penjual, yang menggerakkan mereka untuk semangat menjual pastinya adalah satu hal, uang. Ketika promosi kita bagus, produk kita sudah dikenal luas oleh masyarakat, namun komisi penjualan bagi agen kecil, bisa jadi membuat para agen kurang bersemangat, yang berefek pada menurunnya angka penjualan.
Untuk itu, kita merancang suatu skema remunerasi yang menarik sehingga tenaga penjual semangat dalam memasarkan produk kita. Apabila para tenaga penjual basis income-nya dari gaji, coba tambahkan lagi dengan memberi mereka bonus sekian persen dari gaji atau nilai penjualan mereka apabila bisa melakukan penjualan sampai sejumlah x misalnya.
Semakin tinggi angka penjualan, maka prosentase bonus yang akan mereka terima bisa semakin tinggi. Bila para agen penjual berbasis komisi, coba hitung lagi bisa tidak bila komisi mereka dinaikkan. Atau sebagai alternatif lain tanpa harus menaikkan prosentase komisi, kita bisa buat skema-skema yang fantastis dan menarik.
Semisal "khusus di Februari, bila angka penjualan mencapai minimal x, maka dari sekian banyak agen yang mencapainya, yang angkanya tertinggi berhak mendapatkan satu unit handphone merk y".  Atau bisa juga "Untuk toko atau warung yang paling banyak menjualkan produk kita dengan minimal penjualan sekian selama satu tahun, maka akan mendapatkan tiket liburan ke Bali" misalnya.
Demikian beberapa trik yang bisa agan n sista lakukan, semoga sukses dalam meningkatkan penjualannya, aamiin. Jangan lupa sedekah dan zakatnya ya gan, agar harta yang kita peroleh suci dan barokah

Sumber Artikel

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

iklan layanan masyarakat

iklan layanan masyarakat
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Yuk Kita Jualan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger