Home » , , , , , , » Lianna Sukses Memproduksi Sepatu Kain Batik

Lianna Sukses Memproduksi Sepatu Kain Batik

sepatu_kain_batik

Indonesia sangat kaya dengan keragaman kain khas nusantara. Hampir setiap daerah memiliki kain tradisional yang cantik dan menarik, seperti kain batik songket, dan lurik.
Dengan sentuhan tangan kreatif Lianna Gunawan, beragam kain tradisional ini bisa disulap menjadi aneka produk sepatu nan unik. Hasilnya, sepatu bikinan Lianna laris manis di pasaran.
Di bawah bendera usaha La Spina, ia memproduksi sebanyak 500 pasang sepatu wanita setiap bulan. Sepatu tersebut dibanderol mulai Rp 300.000 hingga jutaan rupiah per pasang.
Di dalam negeri, produk sepatu Lianna sudah dipasarkan ke sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Timika, Samarinda, Medan, dan Bali. Sementara di luar negeri, sudah ekspor ke Jepang, Australia, Belanda, dan Afrika. Dari usaha ini, ia bisa meraup omzet ratusan juta rupiah per bulan.
Liana baru memulai usaha ini di tahun 2009. Awalnya,  ia membuat sepatu pesanan (customized). Sementara produksi sepatu kain khas nusantara baru ditekuninya tahun 2011 di Jakarta.
Tepatnya pada April 2011 yang ditandai dengan peluncuran brand La Spina. Kendati baru, produk sepatunya ini cepat dikenal luas karena mengaplikasikan aneka kain nusantara, seperti batik, lurik, dan songket.
Motifnya juga melambangkan pelbagai kepulauan di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, hingga Sulawesi. "Saya ingin memajukan unsur warisan budaya Indonesia dengan memasukkan unsur tradisional namun dipadu dengan desain modern," tutur Lianna.
Berkat kreativitasnya ini, ia pun telah diganjar sejumlah penghargaan. Awal November ini, misalnya, ia keluar sebagai pemenang dari Asia dalam Cartier Women’s Innitiative Awards 2012.
Selain itu, Lianna juga pernah memenangkan penghargaan Asian Development Citra Award tahun 2012. Produknya juga pernah mendapat penghargaan dari Kementerian Perindustrian untuk desain sepatu wanita terbaik tahun 2011 dan 2012.
Tahun lalu, ia juga pernah menyabet Inacraft Award 2011 dan terpilih mewakili Indonesia dalam berbagai pameran di Jepang, Korea Selatan, dan Bangkok.
Berkat pelbagai penghargaan itu, produk sepatunya semakin dikenal. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia kini termasuk salah satu konsumennya. "Kami telah dikontrak untuk membuat sepatu bagi awak kabin Garuda," ujar Lianna.
Produk sepatu La Spina mencakup banuyak model, seperti sepatu datar (flat shoes), wedges hingga sepatu hak tinggi (high heels). Selain itu, ada juga produk sandal.
Di setiap produk sepatu terdapat aplikasi kain khas nusantara. Ada yang ditempatkan di bagian ujung, bagian atas, maupun bagian belakang sepatu.

'Sumber Artikel

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

iklan layanan masyarakat

iklan layanan masyarakat
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Yuk Kita Jualan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger