Home » , , , » Cara Menghindari Penipuan Toko Online di Facebook

Cara Menghindari Penipuan Toko Online di Facebook

Para penipu Online sekarang ini sedang gencar gencarnya mengincar mangsa yang ada di Facebook, Twitter dan situs sosial bookmark lainnya. Dengan metode keylogger dan teknik hacking lainnya mereka membajak akun facebook para facebookers yang pertemanannya banyak, tujuannya ya biar kelihatan trusted / terpercaya. Nantinya, setelah mereka berhasil membajak akun Facebook orang tersebut, mereka lalu menggunakan akun tersebut untuk berjualan dengan mengetag / share photo-photo produk palsu mereka ke sembarang orang yang ada dalam daftar pertemanan akun yang dibajak. Metode seperti ini biasanya lebih banyak memakan korban para pengguna Facebook yang online melalui Warnet dan komputer umum.
Sebagai contoh, anda bisa melihatnya di screen shot yang saya ambil beberapa waktu yang lalu,perhatikan cuplikan seperti di gambar dibawah ini :

bukti-penipuan-toko-online

Contoh diatas hanya salah satu kasus pembajakan akun Facebook oleh para penipu. Untuk lebih lengkapnya tentang kasus penipuan Toko Online Facebook maupun Toko Online lainnya silahkan baca disini : Batam Watch Monitoring. Disana akan anda temukan banyak sekali kasus kasus serupa yang sudah banyak memakan korban. Tapi Jangan lupa untuk tetap waspada ya, 99% Penjual perangkat Elektronik yang mengatasnamakan dari Batam adalah FIKTIF..

kebetulan di facebook terdapat Forum Daftar Hitam Penipuan Bisnis Onlineyang fokus membahas tentang daftar daftar pebisnis online penipuan yang makin lama makin merusak citra dan nama baik para pebisnis Online Indonesia di mata umum dan dunia. di dalam furum tersebut juga banyak contoh kasus yang tentunya tak bisa satu persatu saya jabarkan.

LANGKAH AWAL / MENGHINDARI PENIPUAN ONLINE :

  1. Jangan sekali sekali berbelanja secara Online di Toko Online yang dibuat dengan Blog Gratisan.
    Logikanya begini, mereka menjual barang Elektronik yang bernilai Jutaan Rupiah, masa tidak mampu untuk membuat website Resmi berekstensi .com, .info, . org maupun Top Level Domain Lainnya yang hanya berharga 150an Ribu Rupiah???. Ciri ciri Website / Blog / Toko Online gratisan yang saya maksud masih menumpang di domain besar seperti blogspot, wordpress, blogdetik, co.cc, .tk dan lain lain. Walaupun ada beberapa Toko Online yang berjualan di blog gratisan tersebut adalah Toko Online yang Recomended.
  2. Jangan pernah berbelanja langsung lewat Facebook jika yang berjualan kelihatan tidak recomended. Biasanya para pebisnis / Penjual yang Profesional hanya menggunakan Facebook untuk mensharing link URL dari jualan produk yang asli di Website Resmi mereka. Facebook hanya digunakan sebagai sebuah sarana promosi untuk mengarahkan para konsumen atau calon pembeli menuju website resmi jualan.
  3. Pelajari Status dan keberadaan Toko Online.
    Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengecek langsung ke lokasi atau alamat yang tertera di Website Resmi Toko, atau dengan bertanya pada keluarga dan teman yang kebetulan sama daerahnya dengan si Penjual.
  4. Jangan sekali sekali berbelanja dengan Toko Online yang menutup identitas diri mereka dengan dalih dalih tertentu, ini dilakukan hanya untuk tipu daya “lempar batu lalu sembunyi tangan”. Anda sebagai korban penipuan akan sangat susah mendapatkan si Penipu aslinya.
  5. Sebelum memutuskan untuk berbelanja online, biasakan lah mencari informasi tentang toko online bersangkutan di google.
    Ketikkan nama toko online dan tambahkan tulisan “Penipu” di akhir kalimat pencarian [Atau Klik : Google Search untuk mencoba]. Silahkan lihat daftar link yang kira2 membahas tentang kasus penipuan terkait hasil pencarian Google tersebut.
  6. Jangan langsung menghubungi Nomor Penjual yang tertera di barang Jualan.
    Para penipu lebih menyarankan para calon pembeli untuk menghubungi langsung nomor telpon yang tertera. Silahkan lakukan langkah point nomor 5 diatas dengan cara yang sama, ketikkan nomor telpon penjual bersangkutan, biasanya kalau memang sudah pernah ada tindak penipuan yang di lakukan akan terekam di database para blogger dan para pemantau tindak penipuan Online ini.
  7. Toko Online Penipuan di Facebook kebanyakan menjual Elektronik.
    Dari survey yang dilakukan para rekan2 di Facebook, 80% penipuan Online adalah berupa barang barang Elektronik dan Handphone. Selain untungnya yang murah, juga karena sedang laris larisnya.
  8. Dain lain lainnya.

CARA MEMINIMALISIR TINDAK PENIPUAN TOKO ONLINE FACEBOOK
Semakin maraknya Toko Online di Facebook dengan kasus kasus penipuan yang terjadi di Facebook, silahkan ikuti tips ini agar anda dan sanak keluarga dirumah aman dari kasus penipuan :

  1. Pergunakan email Valid untuk Registrasi dan Login Facebook.
    Ini berfungsi jika saja Facebook anda menjadi salah satu korban pembajakan, maka anda akan dengan mudah mengembalikan akun tersebut ke tangan anda dengan bantuan Reset Password langsung ke Email.
  2. Jangan pernah membuat password Facebook yang sama dengan password Email.
    Logikanya kembali ke point 1, jika password Facebook dan Email anda sama, maka sudah bisa dipastikan password Email anda juga akan diganti oleh si pembajak.
  3. Jika mendapatkan link link yang terlihat aneh atau tidak wajar ke akun anda, jangan sampai terjebak untuk mengkliknya. Biasakan untuk memeriksa link tersebut dengan mengarahkan pointer mouse ke link, lalu lihatlah URL detail yang bisa anda lihat di pojok kiri bawah browser anda.
  4. Jangan sembarangan mengklik iklan iklan internet yang bercorak nyeleneh atau berwarna warni dan berlebihan, karena mungkin saja si pemilik iklan mengarahkan anda ke link link jahat sejenis modus pencurian password dan lain lain.
  5. Ganti Secara Rutin Password Facebook anda minimal 6 bulan sekali. Gunakan kombinasi Huruf Kecil, Huruf besar dan angka untuk password.
  6. Jangan meminjamkan Handphone anda ke sembarang orang jika sendang login akun Facebook maupun Email.
  7. Setting Privacy Facebook. Ini berfungsi untuk menjaga2 jika ada orang iseng atau penipu yang men-tag Photo ke Wall anda agar Photo tersebut tidak muncul langsung ke wall, melainkan harus menunggu persetujuan dari anda sebagai pemilik akun. Lebih lengkapnya saya bahas dibawah..
SETTING TAB PRIVACY AKUN FACEBOOK
  1. Login ke Akun Facebook Anda
  2. Dari Pojok Kanan atas Akun Facebook, klik panah dropdown dan pilih Pengaturan Privacy.

11

  3. Pada bagian “Kronologi dan Penandaan”, klik “Sunting Pengaturan

2

4. Pada setting “Tinjauan kiriman teman yang menandai anda bla bla bla…”, setting Nyala atau Aktif.

Ini berfungsi ketika teman-teman facebook anda menandai anda dalam sebuah kiriman, maka kiriman tersebut akan dipending sampai anda menerimanya

31

  5. Setelah aktif, jangan lupa simpan.

  6. Beginilah tampilan ketika teman anda menandai anda dalam kiriman photo atau yang lainnya :

4

5

Dengan tehnik diatas, setidaknya anda sudah berperan mengurangi korban tindak penipuan via Facebook. Jika Photo-photo yang di tag sang penipu langsung muncul di wall anda, bukan hanya membuat Profile anda seperti “Dinding Jualan” para penipu, juga bisa menyebabkan peluang untuk penipu mendapatkan pembeli dari daftar Teman anda.

Sumber

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

iklan layanan masyarakat

iklan layanan masyarakat
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Yuk Kita Jualan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger